Monday 24 March 2014

PENGENALAN AGAMA HINDU I FAKULTAS KEPERAWATAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Salam Panganjali Umat Hindu
a.       Salam Awal Jumpa: (bisa diartikan: selamat Siang, selamat Malam, dan selamat Pagi) yaitu Om Swasty’astu
b.      Salam Akhir Jumpa/Doa: Om santih, santih, santih Om

  
B.  Sebelum Trisandhya
a.       Asana: Sikap duduk tegak sempurna (tulang punggung lurus) mantram tak diucapkan (hanya dalam hati) yaitu, M: Om Prasada Sethiti Sarira Siwa Suci Nirmala ya Namah Swaha. Arti: Ya Tuhan, dalam wujud Siwa, Suci tak ternoda, hamba telah duduk dengan tenanng
b.      Pranayama: Mengatur jalannya nafas yang tujuannya adalah menenangkan pikiran , terpusat pada ISWW dengan segala sifatnya dengan mantram (hanya dalam hati) yaitu, - Puraka     : Menghirup nafas, Om Ang Namah, - Kumbhaka    : Menahan nafas, Om Ung Namah, dan - Recaka       : Mengeluarkan nafas, Om Mang Namah
c.       Kara SoddhanaTangan kanan di atas tangan kiri, M:  Om Suddha mam Swaha Arti: Ya Tuhan, semoga disucikan tangan hamba dan Tangan kiri di atas tangan kanan, M: Om ati Suddha mam Swaha Arti: Ya Tuhan, semoga sangat disucikan tangan hamba.
d.      Waktre Soddhana: Akumur boleh bunga, M: Om Waktra Sudha ya namah Swaha Arti: Ya Tuhan, semoga disucikan mulut hamba. Nyuciang Dupa, M: Om Dupa Dipastra ya namah Swaha Arti: Ya Tuhan, semoga disucikan dupa hamba. lalu tancapkan di depan
e.       Nyuciang Sekar, M: Om Puspa danta ya namah swaha Arti: Ya Tuhan, semoga disucikan bunga hamba.
C.  Mantram Trisandhya
a.       Om bhur bhuwah swah, tat sawitur warenyem, bhargo dewasya dhimahi, dhiyo yo nah pracodayatArti: Ya Tuhan, yang menguasai tiga loka ini, engkau maha suci dan sumber segala kehidupan, sumber segala cahaya. Semoga Tuhan melimpahkan pada budi nurani hamba penerangan cahaya-Mu yang maha suci.
b.      Om narayana ewedam sarwam, yad bhutam yas ca bhawyam, niskalanko niranjano, nirwikalpo nirakhyatah, suddho dewa eko, narayano na dwitiyo astikascitArti: Ya Tuhan, engkau adalah asal mula dari segala yang ada ini dan yang bakal ada. Engkau gaib tidak terlahirkan, mengatasi segala kebingungan dan tak termusnahkan. Engkau kekal abadi, maha suci dan maha tunggal dan sekali-sekali tidak ada duanya.
c.       Om twam siwah twam mahadewah, iswarah parameswarah, brahma wisnu ca rudrasca,  purusah pari kirtitahArti: Ya Tuhan, engkaulah yang diberi gelar Siwa, Maha Dewa, Iswara, dan Parameswara. Engkau jugalah yang diberi gelar Brahma, Wisnu, dan Rudra. Engkau Purusa, Tuhan yang dipuja selalu.
d.      Om papo’ham papakarmaham, papatma papasambhawah, trahi mam pundarikaksa, sabahya bhyantarah sucihArti: Ya Tuhan, hamba penuh dengan kenestapaan, perbuatan hamba penuh nestapa, jiwa hamba penuh nestapa. Dan kelahiran hambapun penuh kenestapaan. Selamatkan hamba dari segala kenestapaan ini dan sucikanlah lahir dan batin hamba.
e.       Om ksama swa mam mahadewa, sarwa prani hitankara, mam moca sarwa papebhyah, palaya swa sada siwaArti: Ya Tuhan, ampunilah hamba ini, oh Tuhan penyelamat segala mahluk. Lepaskan hamba dari segala kenestapaan ini. Semoga Tuhan menuntun, menyelamatkan dan melindungi hamba ini.
f.       Om ksantawyah kayiko dosah, ksantawyo waciko mama, ksantawyo manaso dosah, tat pramadat ksama swa mamArti: Ya Tuhan, ampunilah segala dosa-dosa dari ucapan hamba, ampunilah segala dosa-dosa dari pikiran hamba, ampunilah segala dosa-dosa dari kelalaian hamba    
g.       Om santi, santi santi Om. Arti: Ya Tuhan Semoga damai dihati, damai di dunia, damai selalu.

D.  Kramaning Sembah Setelah Trisandhya
a.       Sembah Puyung (ujung jari di atas ubun-ubun); M: Om atma tattwatma suddha mam swaha; Arti: Ya Tuhan, Hyang Widdhi yang merupakan atma dari atma tatwa, sucikanlah hamba.
b.      Sembah Sang Hyang Widdhi sebagai Sang Hyang Aditya. M: Om adityasyaparam jyoti, rakta teja namo stute, swetapankaja mandhyastha, bhaskaraya namo stute. Arti: Ya Tuhan, Hyang Widdhi, hamba sembah dikau dalam manifestasi sinar surya yang merah cemerlang, berkilauan warna cahaya-Mu, engkau putih suci, bersemayam ditengah-tengah laksana teratai, engkaulah bhaskara sumber cahaya yang hamba puja selalu; Ya Tuhanku Hyang Widhi, selaku Siwa Radityaawal tengah dan akhir sembahku untu-Mu.
c.       Sembah Sang Hyang Widdhi sebagai Sang Hyang Siwa yang berada dimana-mana. M: Om nama dewa adhisthanaya, sarwa wyapi wai siwaya, padmasana ekapratisthaya, ardhanareswarya namo namah. Arti: Ya Tuhan hamba memuja-Mu sebagai sumber sinar, yang hamba muliakan, bertahta pada Padmasana sebagai Siwa penguasa semua mahluk. Engkau satu-satunya wujud tunggal Ardanareswari/Pradana-Purusa yang hamba hormati.
d.      Sembah Sang Hyang Widdhi sebagai Sang Hyang Pemberi Anugrah. M: Om anugraha manohara, dewadathanugrahaka, arcanam sarwapujanam, namah sarwanugrahaka, dewa dewi mahasiddhi, yajnanga nirmalatmaka, laksmi siddhisca dirghayuh, nirwigna sukha wrddhisca. ArtiYa Tuhan, Sang Hyang Widdhi,  engkau sebagai sumber kekuatan para Dewa, Yang Maha Pengasih, yang menganugrahkan segalanya, yang selalu dicita-citakan dan dipuja-puja dan selalu menganugrahkan berbagai anugrah. Ya Tuhanku Sang Hyang Widhi, panjangkanlah umur hamba bebaskanlah dari kecelakaan dan anugrahkanlah kesukaan yang berkepanjangan pada hambamu
e.       Sembah Puyung. M: Om dewa suksma paramacintyaya nama swaha. Arti: Ya Tuhan, hamba memuja-Mu dalam wujud sinar suci yang gaib serta wujud maha agung yang tak dapat dipikirkan. Ya Tuhan, Semoga damai dihati, damai di dunia, damai selalu.

E.   Beberapa Doa Dalam Melakukan Suatu Pekerjaan
a.       Doa Memulai suatu Kegiatan; M: Om Awighnam astu namo sidham. Om Sidhirastu tad astu astu swaha. Arti: Ya Tuhan, Sang Hyang Widdhi Wasa semoga atas perkenan-Mu tiada suatu halangan bagi kami dalam memulai pekerjaan ini, dan semoga sukses.
b.      Doa selesai melakukan Kegiatan M: Om Dewa Suksma Parama Acintya ya namah swaha, sarwa karya prasidantam Om santi, santi, santi Om. ArtiYa Tuhan, Sang Hyang Widdhi Wasa dalam wujud, parama asintya yang maha gaib dan maha karya atas rakhmat-Mu maka pekerjaan ini sukses semoga damai dihati, damai di dunia, damai selalu.
c.       Doa persiapan akan mulai makan (menghadapi makanan): M: Om ang kang kasol kaya isana ya namah. Swasti swasti sarwa dewa bhuta suka. Pradhana purusa sang yoga ya namah. ArtiYa Tuhan, Sang Hyang Widdhi Wasa yang bergelar isana. Hamba mempersembahkan seluruh makanan ini kehadapan-Mu. Semoga semua makhluk berbahagia
d.      Doa akan mulai makan (yajna sesa untuk sarwe bute): M: Om sarwa bhuta suka pretebhyah swaha. ArtiYa Tuhan, Sang Hyang Widdhi Wasa. Hamba mempersembahkan sedikit kepada sarwa bhuta agar tidak mengganggu.
e.       Doa mulai makan: M: Om anugraha amrtadi sanjiwani ya namah swaha. ArtiYa Tuhan, Sang Hyang Widdhi Wasa. Semoga makanan ini menjadi penghidupan hamba lahir bhatin yang suci.
f.       Doa Selesai makan: M: Om dhirghayurastu, awighnam astu, subham astu. Om sriyam bhawantu, sukam bhawantu, purnam bhawantu, ksama sampurna ya namah swaha. ArtiYa Tuhan, Sang Hyang Widdhi Wasa. Semoga makanan hamba yang telah masuk kedalam badan hamba memberi kekuatan, keselamatan, panjang umur, dan tak kena halangan apapun.
g.       Doa untuk mulai belajar: M: Om Agne naya supatha raye asman visvani deva vayunyani vidvan yuyodhyasmaj juhuranam eno bhuyisthamte namauktim videma (Rgveda I.189.1) Arti: Ya Tuhan, Yang Maha Esa, Hyang Agni, tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar untuk mencapai kesejahtraan, Engkau, Ya Tuhan! yang mengetahui semua kewajiban. Lenyapkanlah dosa kami yang menyengsarakan kami. Kami memuja engkau.
Doa untuk mulai belajar: M: Om Agne naya supatha raye asman visvani deva vayunyani vidvan yuyodhyasmaj juhuranam eno bhuyisthamte namauktim videma (Rgveda I.189.1) Arti: Ya Tuhan, Yang Maha Esa, Hyang Agni, tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar untuk mencapai kesejahtraan, Engkau, Ya Tuhan! yang mengetahui semua kewajiban. Lenyapkanlah dosa kami yang menyengsarakan kami. Kami memuja engkau.
h.      Doa Santipatha, santi mantra, doa menutup suatu pertemuan, sidang dan berbagai kegiatan. M: Om Dyauh santir antariksam santih prtivi santir apah santir osadhayah santih vanaspatayah santir visve devah santir brahma santih sarvam santih santir eva santih sama santir edhi. (Yayurveda XXXVI.17) Arti: Ya Tuhan, Yang Mahakuasa, anugrahkanlah kedamaian dilangit, damai di angkasa, damai di bumi, damai di air, damai pada tumbuh-tumbuhan, damai pada pepohonan, damai bagi para dewata, damailah Brahma, damailah alam semesta. Semogalah kedamaian senantiasa datang pada kami.
i.        Doa untuk orang yang meninggal dunia (diucapkan dalam rangka bela sungkawa). M: Om vayur anilam amrtam athedam bhasmantam sariram. Om Krato smara, Klibe smara, Krtam smara. (Yayurveda XL.15) ArtiYa Tuhan, penguasa hidup, pada saat kematian ini semoga ia mengingat vijaksara suci Om, semoga ia mengingat Engkau Yang Mahakuasa dan kekal abadi. Ingat pula kepada karmanya. Semoga ia mengetahui bahwa atma adalah abadi dan badan ini akhirnya hancur menjadi abu.
j.        Doa Dharma Santhi Tahun Caka : a) om, awighnamastu  namo  sidham. om,  sidhirastu  tadastu  namo  swaha. Artinya : Ya Tuhan, Hyang Widhi, semoga atas perkenan-Mu tiada suatu halangan acara ini. Ya Tuhan, Hyang Widhi, semoga berhasil dengan baik seluruh rangkaian acara ini. b) om om  udmayam  tamasas. Pari  swah  pasyanta  uttaram. Dewan  dewatre  suryam. Aganme  jyotir  utamam. Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi Wase, engkau maha cemerlang, kekal abadi dan maha mengetahui, semoga engkau menerangi kami dengan cahaya-Mu yang maha suci. c) tas  caksur  dewahitam. Purastacchukram  uccarat. Pasyema  saradah  satam. Jiwema  saradah  satam. Artinya : Ya Tuhan, Hyang Widhi Wase, engkau maha melihat, engkau menghindarkan kami dari yang buruk, dan membimbing kami kejalan yang mulia, semoga kami hidup di bawah bimbingan-Mu, sehingga dapat melihat, mendengar yang baik, dan hidup merdeka selamanya. d) srinuyama saradah satam. Pra bhawama saradah satam. Adinah syama saradam satam. Bhuyasca  saradah satat. Artinya : Ya Tuhan, Hyang Widhi Wase, apabila dengan kemuliaan-Mu, kami hidup lebih lama, semoga kami selalu berada di bawah pengawasan-Mu, dan berbuat kebaikan. e) Om Sarwam Santibhyo Namah Swaha. Artinya: Ya Tuhan, Sanghyang Widhi Wase, semoga semuanya damai atas waranugraha-Mu.
k.      Doa untuk mengunjungi orang sakita) Mantram Gayatri (Yajur Veda xxx VI,3)Om bhur bhuva svahTat savitur varenyamBhargo dwasya dimahiDhiyo yo nah praccodayat. (Sebanyak 3x).          Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami menyembah kecemerlangan dan kemuliaan Hyang Widhi yang menguasai bumi,langit dan surga. Semoga Hyang Widhi menganugerahkan kecerdasan dan semangat pada pikiran kami. b) Doa Subha Citta (Guru Stotra 14)Tvam Eva mata capita Tvam evaTvam Eva bandhus ca saka Tvam evaTvam Eva widya Dravinam Tvam evaTvam Eva sarvam mama deva-deva. (Sebanyak 3x). Artinya : Ya Tuhan, Hyang Widhi Engkau adalah Ibu dan Bapak ku yang sejati, sahabat, dan teman terkasih. Engkau adalah sumber ilmu pengetahuan bagi hamba dan Engkau adalah segalanya Devata tertinggi. c) Doa mengunjungi orang sakitOm sarva VignaSarva klesaSarva lara roga Vinasa ya namah. (Sebanyak 11x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi semoga segala halangan, segala penyakit, segala penderitaan dan gangguan. Engkau lenyapkan segalanya. d) Doa untuk menghilangkan kegelisahan (rg Veda VII,59,12)Om Tryambahkam yajamaheSugandhim pustivardhanamUrvarukam iva bandhanatMrtyor muksiya Mamrtat. (Sebanyak 9x). Artinya: Ya Tuhan, Hamba menyembah Hyang Rudra (Tryambahkam) hindarkan kami dari belenggu dosa. Bagaikan mentimun yang terlepas dari tangkainya, sehingga kami dapat bersatu dengan-Mue) Berjapa Siva MantramOm Namah Siwaya. (Sebanyak 33x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami memuja-Mu sebagai menganugerahkan kesejahteraan, kebahagiaan dan perlindungan. f) Mantram Shanti(Brh.AR.Up,1,3,28)Om asato ma sadgamayaTamaso ma jyotir gamayaMrtyor ma amrtyam gamayaLoka Samastha Sukino BhavantuLoka Samastha Sukino BhavantuLoka Samastha Sukino BhavantuOm santih, santih, santih om. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Tuntunlah kami dari yang tidak benar menuju kebenaran, dari yang gelap menuju terang. Tuntunlah kami dari kematian kepada kehidupan yang abadi. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Kemudian salah satu menerjemahkan artinya dan diakhiri dengan mengucapkan “Parama Santi” bersama-samaOm santi, Santi, Santi Om.
l.        Doa untuk Menempati Rumah Barua) Mantram Gayatri (Yajur Veda xxx VI,3)Om bhur bhuva svahTat savitur varenyamBhargo dwasya dimahi      Dhiyo yo nah praccodayat. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi,kami menyembah kecemerlangan dan kemuliaan Hyang Widhi yang menguasai bumi, langit dan surga. Semoga Hyang Widhi menganugerahkan kecerdasan dan semangat pada pikiran kami. b) Doa Subha Citta (Guru Stotra 14)Tvam Eva mata capita Tvam evaTvam Eva bandhus ca saka Tvam evaTvam Eva widya Dravinam Tvam eva      Tvam Eva sarvam mama deva-deva. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi Engkau adalah Ibu dan Bapak ku yang sejati, sahabat, dan teman terkasih. Engkau adalah sumber ilmu pengetahuan bagi hamba dan Engkau adalah segalanya Devata tertinggi. c) Mantram memohan ketenangan rumah (Rg Veda VIII.74.1)Om Viso Viso vo atithim vajayantah puru priyamAgnini vo duryan vacah stuk susasya manmabhih. (Sebanyak 11x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi Engkau adalah tamu yang datang mencintai setiap rumah. Engkau amat mencintai umat-Mu. Engkau adalah sahabat yang maha pemurah. Perkenankanlah hamba memuja Engkau dengan penuh kekuatan dalam ucapan maupun tenaga dan dalam lagu pujian. d) Doa KebajikanOm Visvane deva savitar duritani para suvaYad bhadram tana a suva.(Sebanyak 11x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi yang bergelar Savitri, usirlah jauh-jauh segala kekuatan jahat. Berikanlah kami apa yang terbaik. e) Doa untuk memohon Perlindungan/Mahamrtyun Jaya MantraOm Tryambhakam yajamaheSughandhim pusti VardhanamUrva rukam iva bhandanatMrtyor muksiya mamrtat. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang widhi yang maha mulia kami memuja-Mu. Hindarkanlah kami dari keraguan ini,bebaskanlah kami dari belenggu dosa, bagaikan mentimun terlepas dari tangkainya. Sehingga kami dapat bersatu dengan-Mu. f) Berjapa Siva Mantra dan HeningOm Namah Sivaya. (Sebanyak 33x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami memuja-Mu sebagai menganugerahkan kesejahteraan, kebahagiaan dan perlindungan.
m.    Doa untuk Ngotonin (Ulang Tahun). a) Mantram Gayatri (Yajur Veda XXX VI,3)Om bhur bhuva svahTat savitur varenyamBhargo dwasya dimahi      Dhiyo yo nah praccodayat. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi,kami menyembah kecemerlangan dan kemuliaan Hyang Widhi yang menguasai bumi, langit dan surga. Semoga Hyang Widhi menganugerahkan kecerdasan dan semangat pada pikiran kami. b) Doa Subha Citta (Guru Stotra 14)Tvam Eva mata capita Tvam evaTvam Eva bandhus ca saka Tvam evaTvam Eva widya Dravinam Tvam eva      Tvam Eva sarvam mama deva-deva. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi Engkau adalah Ibu dan Bapak ku yang sejati, sahabat, dan teman terkasih. Engkau adalah sumber ilmu pengetahuan bagi hamba dan Engkau adalah segalanya Devata tertinggi. c) Mohon Doa untuk Panjang UmurOm tac caksur deva hitam sukramUccarat, pasyema saradah satam. Jivema saradah satam. (Sebanyak 11x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi Savitri,semoga seratus  tahun kami,mata yang bersinar ciptaan-Nya, semoga saya hidup seratus tahun yang  akan datang. d) Mantram untuk memohon kebajikan (Rg Veda V,82,5)Om Visvani deva savitar, duritani para suvaYad bhadrani tan na’a suva. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi Savitri, usirlah jauh-jauh segala kekuatan jahat, berikan kami apa yang terbaik. e) Doa untuk Memo(rg Veda VII,59,12)Om Tryambhakam yajamaheSughandhim pusti VardhanamUrva rukam iva bhandanatMrtyor muksiya mamrtat. (Sebanyak 9x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang widhi yang maha mulia kami memuja-Mu. Hindarkanlah kami dari keraguan ini, bebaskanlah kami dari belenggu dosa, bagaikan mentimun terlepas dari tangkainya. Sehingga kami dapat bersatu dengan-Muf) Panca Aksara Siva MantramMantra ini di kenal dengan siva mantra digunakan untuk memuja keagungan Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai pemberi anugerah kerahayuan, ketenangan, kebahagian dan perlindungan. Om Namah Sivaya. (Sebanyak 33x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami memuja-Mu sebagai menganugerahkan kesejahteraan, kebahagiaan dan perlindungan. g) Mantram Santi (Brh,Ar,Up,1,3,28)Om asato ma sadgamayaTamaso ma jyotir gamayaMrtyor ma amrtyam gamayaLoka Samastha Sukino Bhavantu. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Tuntunlah kami dari yang gelap menjadi terang, tuntunlah kami dari kematian kepada kehidupan yang abadi. Semoga makhluk menjadi bahagia.
n.      Doa Untuk memohon Keselamatan Pengantena) Mantram Gayatri (Yajur Veda xxx VI,3)Om bhur bhuva svahTat savitur varenyamBhargo dwasya dimahiDhiyo yo nah praccodayat. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami menyembah kecemerlangan dan kemuliaan Hyang Widhi yang menguasai bumi, langit dan surga. Semoga Hyang Widhi menganugerahkan kecerdasan dan semangat pada pikiran kami. b) Doa Subha Citta (Guru Stotra 14)Tvam Eva mata capita Tvam evaTvam Eva bandhus ca saka Tvam evaTvam Eva widya Dravinam Tvam evaTvam Eva sarvam mama deva-deva. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi Engkau adalah Ibu dan Bapak ku yang sejati, sahabat, dan teman terkasih. Engkau adalah sumber ilmu pengetahuan bagi hamba dan Engkau adalah segalanya Devata tertinggi. c) Keselamatan Penganten (Rg x.85,42)Om iha iva stam Ma Vi youstamVisvam Ayur VyasnutamKrilantau Putrair naptrbhirModama mau sve grhe. (Sebanyak 11 x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi! Anugerahkanlah kepada pasangan pengantin ini senantiasa bahagia, keduanya tiada terpisahkan,panjang umur. Semoga pengantin di anugerahkan putra dan cucu yang memberikan penghibur, tinggal di rumah yang penuh dengan kegembiraan. d) Mantram Memohon Cinta Kasih-Nya (Rg Veda VII.100.4)Om vi cakrame prthivimesa etamKsetraya Visnur manuse dasasyanDhruvas asya kirayo janasaUruksitim Sujanima CakaraArtinya: Ya Tuhan, Hyang widhi engkau Hyang Wisnu yang membentang bumi ini menjadi tempat tinggal bagi manusia. Kaum yang hina aman sentosa di bawah lindungan-Nya. Yang mulia telah menjadikan bumi tempat yang lega bagi mereka. e) Berjapa Siva Mantram dan HeningOm Tryambhakam yajamaheSughandhim pusti VardhanamUrva rukam iva bhandanatMrtyor muksiya mamrtat. (Sebanyak 9x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang widhi yang maha mulia kami memuja-Mu. Hindarkanlah kami dari keraguan ini, bebaskanlah kami dari belenggu dosa, bagaikan mentimun terlepas dari tangkainya. Sehingga kami dapat bersatu dengan-Mu. g) Mantram Santi (Brh, Ar, Up, 1, 3, 28)Om asato ma sadgamayaTamaso ma jyotir gamayaMrtyor ma amrtyam gamayaLoka Samastha Sukino Bhavantu. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Tuntunlah kami dari yang gelap menjadi terang, tuntunlah kami dari kematian kepada kehidupan yang abadi. Semoga makhluk menjadi bahagia.
o.      Doa untuk Mengucapkan Syukur atas Kesuksesana) Mantram Gayatri (Yajur Veda xxx VI,3)Om bhur bhuva svah      Tat savitur varenyamBhargo dwasya dimahiDhyoi yo nah praccodayat. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi,kami menyembah kecemerlangan dan kemuliaan Hyang Widhi yang menguasai bumi, langit dan surga. Semoga Hyang Widhi menganugerahkan kecerdasan dan semangat pada pikiran kami. b) Doa Subha Citta (Guru Stotra 14)Tvam Eva mata capita Tvam evaTvam Eva bandhus ca saka Tvam evaTvam Eva widya Dravinam Tvam evaTvam Eva sarvam mama deva-deva. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi Engkau adalah Ibu dan Bapak ku yang sejati, sahabat, dan teman terkasih. Engkau adalah sumber ilmu pengetahuan bagi hamba dan Engkau adalah segalanya Devata tertinggi. c) Doa Memperoleh/Menemukan KebahagiaanOm Ayu Vrdhi labhate dhanamVrdhi guna suci YajnaSudha sila Sudha jnanamBhukti Mukti phalam Svargam. (Sebanyak 11x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi, semua keuntungan,kekayaan, kepandaian atas Yajna  suci-Mu Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih serta menikmati pahala surga. d) Doa Untuk Menghilangkan KegelisahanOm Tryambhakam yajamaheSughandhim pusti VardhanamUrva rukam iva bhandanatMrtyor muksiya mamrtat. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang widhi yang maha mulia kami memuja-Mu. Hindarkanlah kami dari keraguan ini, bebaskanlah kami dari belenggu dosa, bagaikan mentimun terlepas dari tangkainya. Sehingga kami dapat bersatu dengan-Mu. e) Berjapa Siva MantramOm Namah Sivaya. (Sebanyak 33x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami memuja-Mu sebagai menganugerahkan kesejahteraan, kebahagiaan dan perlindungan. f) Doa Mohon Bimbingan TuhanOm Asato ma sadgamayaTamaso ma jyotir gamayaMrtyor ma amrtam gamayaOm agne brahma grbhnisvaDharunama syanta riksam drdvamhaBrahma vanitva kesatravam sajabaVanyu dadhami bhratrvyasya vadhyayaArtinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi bimbinglah kami dari yang tidak benar menuju   yang benar. Bimbinglah hamba dari yang gelap menuju yang terang. Lepaskanlah Hamba dari kematian menuju kehidupan yang abadi. Hyang Widhi terimalah pujian yang hamba persembahkan melalui Veda Mantram dan kembangkanlah pengetahuan rohani hamba agar hamba dapat menghancurkan musuh yang ada pada hamba. Hamba menyadari bahwa Engkau berada pada setiap insani, menolong orang terpelajar pemimpin Negara dan pejabat, semoga melimpahkan anugerah kekuatan kepada hambag) Doa Selesai BekerjaOm Deva Suksima paramaAcintya ya namah SvahaSarva karya prasidhantamOm Santi, santi, santi OmArtinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi yang maha gaib dan maha karya. Hanya atas anugerah-Mu lah maka pekerjaan ini berhasil dengan baik. Semoga damai, damai di hati, damai di dunia, damai selamanya.
p.      Doa Untuk Orang akan Mempunyai Karya/Hajatana) Mantram Gayatri (Yajur Veda xxx VI,3)Om bhur bhuva svahTat savitur varenyamBhargo dwasya dimahiDhiyo yo nah praccodayat. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami menyembah kecemerlangan dan kemuliaan Hyang Widhi yang menguasai bumi, langit dan surga. Semoga Hyang Widhi menganugerahkan kecerdasan dan semangat pada pikiran kami. b) Doa Subha Citta (Guru Stotra 14)Tvam Eva mata capita Tvam evaTvam Eva bandhus ca saka Tvam evaTvam Eva widya Dravinam Tvam evaTvam Eva sarvam mama deva-deva. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi Engkau adalah Ibu dan Bapak ku yang sejati, sahabat, dan teman terkasih. Engkau adalah sumber ilmu pengetahuan bagi hamba dan Engkau adalah segalanya Devata tertinggi. c) Mantram untuk Memohon kesempurnaan/Kekuatan MentalOm Bhadram Karnebhih Srnuyama DevaBhadram pasyemaksibhirSthiair angais tustuvamsas tamubhirVyasema Deva hitam yad ayuh. (Sebanyak : 11x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi semoga kami mampu mendengar apa yang baik dan maha suci! Mampu melihat yang baik,dan semoga kami dengan jasmani yang sehat dan kuat, dapat mempersembahkan  pujian kepada-Mu, dapat menikmati hidup yang Engkau berkahi. d) Doa KebajikanOm Visvane deva savitar duritani para suvaYad bhadram tana a suva. (Sebanyak 11x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi yang bergelar Savitri, usirlah jauh-jauh segala kekuatan jahat. Berikanlah kami apa yang terbaik. e) Doa untuk Memohon Perlindungan/Mahamrtyun Jaya Mantra     Om Tryambhakam yajamaheSughandhim pusti VardhanamUrva rukam iva bhandanatMrtyor muksiya mamrtat. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang widhi yang maha mulia kami memuja-Mu. HindarkanLah kami dari keraguan ini, bebaskanlah kami dari belenggu dosa, bagaikan mentimun terlepas dari tangkainya. Sehingga kami dapat bersatu dengan-Mu. f) Berjapa Siva Mantram dan HeningOm Namah Sivaya. (Sebanyak 33x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami memuja-Mu sebagai menganugerahkan kesejahteraan, kebahagiaan dan perlindungan. g) Mantram Shanti (Brh.AR.Up,1,3,28)Om asato ma sadgamayaTamaso ma jyotir gamayaMrtyor ma amrtyam gamayaLoka Samastha Sukino BhavantuOm santih ,santih, santih om. (Sebanyak 3x). Artinya:    Ya Tuhan, Tuntunlah kami dari yang tidak benar menuju kebenaran, dari yang gelap menuju terang. Tuntunlah kami dari kematian kepada kehidupan yang abadi. Semoga semua makhluk berbahagia.
q.      Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Dunia. a). Om Bhur Bhuah suwahTat Savitur WarenyamBhargo Devasya DimahiDyoyonah Praccodayat. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi yang menguasai  ketiga Dunia ini, Hamba memusatkan pikiran atas kecemerlangan dan kemuliaan-Mu, semoga Hyang widhi menganugerahkan kekuatan suci pada pikiran kami. b) Om Atma tatwatma narayatma swadah, angahOm swargantu moksantu sunyantu murcyantuOm ksama sampurna ya namah swaha. (Sebanyak 11x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi semoga almarhum mendapat alam surga, alam moksa, mencapai keheningan, tanpa derita, ampunilah segala dosanya. Semoga ia mencapai kesempurnaan demikian puja hamba. c) Om Anilam Atedham amertam basmantam sariramOm Krato smara klibe smara krtam smara. (Sebanyak 11x). Artinya:Ya Tuhan, Semoga ia mengingat Engkau yang maha kuasa dan kekal abadi, ingat pula kepada karmanya. Semoga Ia mengetahui bahwa Atman adalah abadi dan badan ini akhirnya hancur menjadi debu. d) Om Namah Siwa Ya Siwa Ya Namah Om. (Sebanyak 33x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi penguasa hidup, pada saat kematian ini semoga ia mengingat Vijaksara suci Om.
r.        Doa untuk Syukuran Kelahiran Bayia) Mantram Gayatri (Yajur Veda xxx VI,3)Om bhur bhuva svahTat savitur varenyamBhargo dwasya dimahi      Dhiyo yo nah praccodayat. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami menyembah kecemerlangan dan kemuliaan Hyang Widhi yang menguasai bumi, langit dan surga. Semoga Hyang Widhi menganugerahkan kecerdasan dan semangat pada pikiran kami. b) Doa Subha Citta (Guru Stotra 14)Tvam Eva mata capita Tvam evaTvam Eva bandhus ca saka Tvam evaTvam Eva widya Dravinam Tvam eva.Tvam Eva sarvam mama deva-deva. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi Engkau adalah Ibu dan Bapak ku yang sejati, sahabat, dan teman terkasih. Engkau adalah sumber ilmu pengetahuan bagi hamba dan Engkau adalah segalanya Devata tertinggi. cDoa untuk kelahiran bayi dan keselamatan Ibunya (Rg VedaIv,5,36)Om brhat Sumnah pra savita nive sanoJatah sthitur ubhayasya yo vasiSa no devah savita sarma ya cca tvasmeKsayaya Tri varutham am hasah. (Sebanyak 11x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang  Widhi Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada  alam dan menegakannya. Ia yang mengatur baik yang bergerak baik yang tidak bergerak, semoga Ia savitar memberi rahmatnya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan jahat. d) Doa untuk memohon kebajikanOm Visvani deva savitar duri tani para suvaYad madram tan na a suva. (Sebanyak 3x). Artinay:Ya Tuhan, Hyang Widhi ! Savitri, usirlah jauh-jauh segala kekuatan jahatBerikanlah kami apa yang terbaik. e) Doa memperoleh/menemukan kebahagiaan (rg Veda VII,59,12)Om ayu Vrdhi labhate dhanamVrdhi guna suci yajnaSudha sila sudha jnanamBhukti mukti phalam svargam        Artinya:Ya Tuhan, Hyang widhi, semua keuntungan, kekayaan, kepandaian atas Yajna suci–Mu. Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih serata menikmati pahala surga. f) Doa untuk menghilangkan kegelisahan (Rg Veda, 82, 5)Om Tryambhakam yajamaheSughandhim pusti VardhanamUrva rukam iva bhandanatMrtyor muksiya mamrtat. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang widhi yang maha mulia kami memuja-Mu. Hindarkanlah kami dari keraguan ini, bebaskanlah kami dari belenggu dosa, bagaikan mentimun terlepas dari tangkainya. Sehingga kami dapat bersatu dengan-Mu. g) Berjapa Siva Mantram dan HeningOm Namah Sivaya. (Sebanyak 33x). Artinya:Ya Tuhan, Hyang Widhi, kami memuja-Mu sebagai menganugerahkan kesejahteraan, kebahagiaan dan perlindunganhDoa mohon bimbingan tuhanOm asato ma sadgamayaTamaso ma jyotir gamayaMrtyor ma amrtyam gamayaLoka Samastha Sukino BhavantuOm santih, santih, santih om. (Sebanyak 3x). Artinya:Ya Tuhan, Tuntunlah kami dari yang tidak benar menuju kebenaran, dari yang gelap menuju terang. Tuntunlah kami dari kematian kepada kehidupan yang abadi. Semoga semua makhluk berbahagia.
s.       Beberapa Doa Tambahan. a) Mantram waktu akan tidurOm Brahman Atman AikyamArtinya: Ya Tuhan, Hyang widhi semoga selalu ada pada Atman kamib) Doa Melakukan suatu kegiatanOm Awighnam astu namo sidhamArtinya: Ya Tuhan, Semoga tiada halangan, semoga tujuan tercapaic) Doa bangun pagiOm jagrasca prabata kalasca ya namah svahaArtinya: Ya Tuhan, Hyang widhi,hamba memuja Mu, bahwa hamba telah bangun pagi dalam keadaan selamatd) Doa Mandi (setengah Sauca)Om gangga ya Namah SvahaMantram gayatri 1xe) Doa  setelah selesai mandiOm Suryah amantha ya namahCaranya: Sikat gigi, cuci muka, ketiak, setengah badan, kaki barulah mandif) Doa Meditasi Japa mantram(menyebut secara berulang-ulang dalam hati nama tuhan)Om Nama SiwayaAtau berjapa sebelum/sesudah sembahyang, diucapkan 11/33/108 kalig) Mantram waktu akan bermeditasi/yoga (Mantram Guru Stawa)Om gurur Brahma gurur wisnuGurur deva mahesvarahGurur eva parambrahmahTas mai sri guruwe namahArtinya: Ya Tuhan, Hyang widhi, engkau berwujud sebagai tri murti, guru, engkau adalah guru tertinggi dan penguasa agung. Hyang widhi adalah guru sejati yang maha tinggi, kepada-Mu lah hamba mu memuja. h) Doa membaca kitab suciOm Narayana, Om NaraOm Saraswwati jaya, Omi) Mantram SantiMantram ini sebaiknya diucapkan setelah selesai kita melakukan meditasi, yoga dan kegiata spiritual lainnya. Om asato ma sadgamayaTamaso ma jyotir gamayaMrtyor ma amrtyam gamayaLoka Samastha Sukino BhavantuOm santi, santi, santi om. (Sebanyak 3x). Artinya: Ya Tuhan, Tuntunlah kami dari yang tidak benar menuju kebenaran, dari yang gelap menuju terang. Tuntunlah kami dari kematian kepada kehidupan yang abadi. Semoga semua makhluk berbahagia.

No comments:

Post a Comment