Wednesday 8 April 2015

FAKTOR- FAKTOR PEYEBAB HIPERTENSI SECARA UMUM

          Hipertensi secara umum disebabkan oleh tiga Hal, yaitu : gaya hidup modern, pola makan yang salah, dan berat badan yang berlebihan.

1. FAKTOR GAYA HIDUP MODERN
          Pada zaman sekarang orang-orang banyak mengutamakan pekerjaan untuk mencapai kesuksesan. Kesibuka dan kerja keras serta tujuan-tujuan yang berat mengakibatkan timbulnya  rasa stress dan tekanan sangat tinggi. Perasaan tertekan membuat tekanan darah menjadi naik.
          Orang sibuk tidak sempat melakukan olahraga, akibatnya lemak dalam tubuh semakin banyak dan tertimbun yang dapat menghambat aliran darah. Pembuluh darah yang terhimpit oleh tumpukan lemak menjadikan tekanan darah menjadi tinggi. Inilah yang menyebabkan terjadinya hipertensi. Ditambah lagi, biasanya orang menyadari dirinya terkena hipertensi ketika sudah parah dan telah menyebabkan komplikasi yag serius.

2. FAKTOR POLA MAKAN YANG SALAH
pada umumnya orang menyukai makanan yang asin dan gurih, terutama makanan-makanan yang cepat saji yang banyak mengandng lemak jenuh serta garam dengan kadar tinggi. Mereka yang senang makan makanan asin dan gurih berpeluang besar terkena hipertensi. Kandungan Na(Natrium) dalam garamm yang berlebihan dapat menahan air (retensi) sehingga meningkatkan jumlah volume darah. Akibatnya jantung harus bekerja keras memompa darah dan tekanan darah menjadi naik. inilah yang menyebabkan hipertensi.
jadi, sangatlah baik mengontrol pola makan yang sehat. Hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi agar kita dapat mengetahui secara pasti kalori yang kita perlukan setiap hari serta pola makan yang sehat beresiko terkena hipertensi.

3. FAKTOR KELEBIHAN BERAT BADAN
Kelebihan berat badan atau kegemukkan (obesitas) adalah pemicu timbulnya berbagai penyakit serius tanpa hipertensi akut. Orang yang berat badannya berlebih pada umumnya mengalami kesulitan untuk bergerak secara bebas. Untuk dapat menggerakkan tubuhnya maka jantung harus memompa darah dan membuat tekanan darah naik. Itulah sebabnya, kegemukkan merupakan faktor terjadinya hipertensi.
Oleh karena itu, untuk terhindar dari hipertensi, bagi mereka yang sudah mengalami kegemukan harus  mulai diet pola makan yang seimbang. Selain untuk penampilan yang lebih baik, diet pola makan juga akan mencegah kita dari berbagai jenis penyakit serius yang sebagian besar disebabkan oleh adanya pla makan yang tidak sehat.



SUMBER
  • Susilo,Y.dan A.Wulandari. 2011. Cara jitu mengatasi hipertensi. Edisi 1. ANDI. Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment